bimbingan belajar neutron siap lebih dini

bimbingan belajar neutron siap lebih dini

bimbingan belajar neutron siap lebih dini excellent

bimbingan belajar neutron

bimbingan belajar neutron

bimbingan belajar neutron

bimbingan belajar neutron sukses sbmptn


siswa neutron diterima snmptn 2014

bimbingan belajar siswa sukses neutron


hasil nilai neutron

bimbingan belajar program minggu neutron

i-link takes you abroad, belajar, kuliah ke luar negeri

bimbingan belajar crash program neutron




 
 
 
 
INFO SELEKSI PTN
 

 

 

SISTEM SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI
TAHUN 2013

 

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, sistem penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi dilakukan melalui seleksi secara nasional dan bentuk lain.

Berdasarkan hasil pertemuan antara Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ditetapkan bahwa seleksi secara nasional menjadi tanggung jawab pemerintah sedangkan seleksi bentuk lain menjadi tanggung jawab Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dan/atau Rektor Perguruan Tinggi Negeri masing-masing.

Sistem seleksi nasional adalah seleksi yang dilakukan oleh seluruh perguruan tinggi negeri yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dalam bentuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN 2013 merupakan satu-satunya pola seleksi nasional yang dilaksanakan oleh Panitia Pelaksana SNMPTN 2013 yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri dalam satu sistem yang terpadu. Biaya pelaksanaan SNMPTN 2013 ditanggung oleh Pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Bentuk lain sebagaimana tersebut dalam uraian di atas adalah SBMPTN ( Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ) dan Seleksi Mandiri.

 

SNMPTN

Diantara sistem seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri, kuota penerimaan lewat jalur ini adalah yang paling banyak yakni 50 %. Angka 50 % ini adalah angka nasional. Setiap perguruan tinggi bisa saja mematok angka prosentase yang lebih besar dari 50 %. SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor semester satu s.d lima, Nilai Ujian Nasional dan prestasi-prestasi lainnya. Tahun lalu, sistem seleksi ini dikenal dengan istilah jalur undangan . Dalam SNMPTN tidak dilaksanakan adanya ujian tulis maupun ujian ketrampilan. Berbeda dengan jalur undangan, setiap siswa berhak untuk mengikuti tanpa batasan akreditasi sekolah. Tentu saja siswa harus terdaftar dalam PDSS ( Pangkalan Data Sekolah dan Siswa ) yang teknis mekanismenya dilakukan oleh sekolah. Siswa yang telah didaftarkan sekolah lewat PDSS kemudian mendaftarkan diri lewat website panitia pada situs www.snmptn.ac.id dengan menggunakan password dari panitia beserta NISN yang dimiliki masing-masing siswa. Adapun jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut :

 

NO

KEGIATAN

TANGGAL

1

Pengisian PDSS oleh sekolah

17 Des 2012 s.d 8 Pebruari 2013

2

Pendaftaran oleh siswa ke situs panitia

1 Pebruari s.d 8 Maret 2013

3

Proses seleksi oleh panitia

9 Maret s.d 27 Mei 2013

4

Pengumuman hasil seleksi oleh panitia

28 Mei 2013

5

Pendaftaran ulang siswa yang diterima

11 dan 12 Juni 2013

 

 

 

Adapun program studi dan jumlah pilihan pada SNMPTN adalah sebagai berikut :

  1. Setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN yang diminati. Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun. Apabila memilih lebih dari satu PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, atau dari provinsi terdekat bila belum terdapat PTN pada provinsi asalnya.
  2. Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTN.
  3. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

 

 

SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN ) boleh dibilang sebagai metamorfosis dari SNMPTN jalur Ujian Tulis yang tahun ini dihapus. Secara substansial, tidak ada perubahan mendasar jika dibanding SNMPTN jalur ujian tulis. Kuota penerimaan mahasiswa melalui jalur ini adalah 30 % dari daya tampung perguruan tinggi. Namun demikian perguruan tinggi tidak harus mematok angka 30 %, UNS dan ITB misalnya menerima mahasiswa dari jalur ini sebesar 40 %.

 

Siswa-siswi Neutron Yogyakarta, calon mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri favorit, yang berbahagia, perlu kami sampaikan bahwa informasi tentang Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN ) 2013 sudah bisa diakses di website www.sbmptn.or.id . Berikut kami sampaikan ringkasan informasinya :

 

  1. SBMPTN 2013 dilaksanakan secara serentak di 62 PTN di seluruh Indonesia
  2. Peserta yang bisa mengikuti seleksi masuk PTN melalui SBMPTN adalah mereka yang lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2011, 2012, dan 2013. Lulusan tahun 2011 dan 2012 memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara. Untuk lulusan tahun 2013 sekurang-kurangnya telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.
  3. Pendaftaran dilaksanakan secara online mulai tanggal 13 Mei 2013 pukul 08.00 WIB s.d 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://ujian.sbmptn.or.id , sedangkan tatacara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.or.id mulai tanggal 30 April 2013.
  4. Peserta dapat memilih program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti, yaitu:
    1. Kelompok ujian Saintek ( kelompok IPA ) dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dari kelompok program studi Saintek,
    2. Kelompok ujian Soshum ( kelompok IPS/Bhs )dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) progarm studi dari kelompok program studi Soshum, dan
    3. Kelompok ujian Campuran dapat memilih sebanyak-banyak 3 (tiga) program studi yang merupakan campuran dari program studi kelompok sainstek dan kelompok program studi kelompok soshum.
  5. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus dari PTN yang berada dalam satu wilayah tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat dari PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi, dapat memilih program studi di PTN manapun.
  6. Ujian tertulis SBMPTN terdiri dari materi :
    1. Tes Potensi Akademik (TPA).
    2. Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) terdiri atas kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
    3. Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) terdiri atas kemampuan Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
    4. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas kemampuan Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
  7. Ujian tertulis dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 Juni 2013. Selasa, 18 Juni 2013 mata ujian Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU). Rabu, 19 Juni 2013 Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) dan Tes Kemampuan Dasar Sosial Humaniora (TKD Soshum).
  8. Penilaian dilakukan secara menyeluruh. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan . Sama seperti SNMPTN jalur ujian tulis di tahun-tahun sebelumnya, penilaian dilakukan dengan kaidah jawaban benar ( +4 ), jawaban salah ( -1 ) dan tidak menjawab (0)
  9. Ujian Keterampilan dilaksanakan pada hari Kamis dan/atau Jumat, tanggal 20 dan/atau 21 Juni 2013. Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang dipilih. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id.
  10. Hasil ujian akan diumumkan pada hari Jum'at, 12 Juli 2013 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.or.id .
  11. Pembayaran biaya SBMPTN dapat dilakukan melalui channel Mandiri internet, Mandiri ATM, Mandiri SMS, langsung di kantor Bank Mandiri terdekat, kantor pos, kliring/RTGS. Untuk daerah yang tidak terdapat cabang maupun ATM Bank Mandiri, pembayaran dapat dilakukan melalui ATM bank lain yang berlogo ATM Bersama, Link & Prima.

 

 

Seleksi Mandiri

Sistem dan mekanisme seleksi jenis ini ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri penyelenggara sehingga sistem yang berlaku di setiap perguruan tinggi bisa berbeda. Dibanding sistem seleksi yang lain ( SNMPTN dan SBMPTN ), kuota Seleksi Mandiri adalah yang paling kecil yaitu 10 %. Sama halnya dengan SBMPTN, pada seleksi mandiri peserta dipungut biaya pendaftaran.

 

   

 








 


LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NEUTRON YOGYAKARTA© 2014
Jl. Taman Siswa Gg. Trustha Jumena Yogyakarta. Telp : (0274) 450300, (0274) 418934 Fax : (0274) 450999
Best Viewed with Chrome   
reDesign by  IT Team