info baru sbmptn snmptn

bimbingan belajar neutron siap lebih dini 2-3 semester

bimbingan belajar program minggu neutron

bimbingan belajar crash program neutron

bimbingan belajar crash program neutron

bimbingan belajar sma taruna nusantara

bimbingan belajar crash program neutron

bimbingan belajar neutron priority iup - ugm

bimbingan belajar neutron sukses sbmptn 2017

siswa neutron diterima ptn

bimbingan belajar neutron siap lebih dini SLD

bimbingan belajar neutron siap lebih dini platinum

bimbingan belajar neutron siap lebih dini reguler plus

bimbingan belajar neutron siap lebih dini excellent priority ions

bimbingan belajar neutron siap lebih dini excellent

bimbingan belajar neutron ujinas

bimbingan belajar neutron

bimbingan belajar neutron ukk


i-link takes you abroad, belajar, kuliah ke luar negeri




 
 
 
 
Artikel
 

 

 

Untuk tulisan serial ke sepuluh kali ini akan penulis sajikan profil dan juga prospek jurusan / program studi Ilmu Hukum, Kriminologi, Arkeologi dan administrasi fiskal.

 

1. Ilmu Hukum

Objek yang dipelajari dalam program studi Ilmu Hukum adalah tentu saja Ilmu Hukum itu sendiri, yang kemudian terbagi- bagi menjadi kedalam beberapa program kekhususan. Program kekhususan yang dimaksud terdiri dari :

•  Program Kekhususan Hukum Lingkungan dan Tata Ruang

•  Program Kekhususan Hukum Ekonomi

•  Program Kekhususan Hukum Internasional

•  Program Kekhususan Hukum Administrasi Negara

•  Program Kekhususan Hukum Tata Negara

•  Program Kekhususan Hukum Pidana

•  Program Kekhususan Hukum dan Pengembangan Masyarakat

•  Program Kekhususan Hukum dan Teknologi

•  Program Kekhususan Peradilan

Namun tidak semua Perguruan Tinggi membuka semua program kekhususan ini.

 

Dari segi prospek, lulusan ilmu hukum dapat bekerja di berbagai bidang. Bidang yang menjadi cakupan pekerjaan dari seorang yang lulus dari ilmu hukum meliputi :

•  Bidang hukum ( pengacara, jaksa, hakim, notaris/PPAT, konsultan hukum, dll )

•  Bidang pemerintahan ( menjadi pejabat publik )

•  Bidang politik ( anggota legislatif, eksekutif )

•  Bidang ekonomi ( menjadi legal officer di perusahaan )

•  Bidang akademik ( menjadi dosen )

 

Tidak sulit menemukan perguruan tinggi negeri yang membuka jurusan ilmu hukum. UI, UNPAD, UGM, UNDIP, UNSOED, UNS, UNEJ, UNLAM, UNMUL, UNIBRAW, UNAIR adalah beberapa diantara yang membuka jurusan ilmu hukum.

 

 

2. Kriminologi

Dari berbagai definisinya, ruang lingkup kriminologi dapat dikategorikan dalam penelitian tentang pola kejahatan dan pola kriminalitas, ciri dan pola yang berhubungan dengan pelaku kejahatan, pola viktimisasi, pola peranan dan kedudukan korban dalam peristiwa kejahatan dan hukum, serta pola reaksi masyarakat terhadap kejahatan, penjahat maupun korban kejahatan. Dari definisi tersebut, bisa punya bayangan ya kira-kira apa yang akan dipelajari jika kuliah di jurusan kriminologi ?

Lalu di bidang apa saja lulusan kriminologi biasanya bekerja ? Lulusan jurusan kriminologi dapat bekerja di jajaran kepolisian, Kementerian Hukum dan HAM, lembaga penelitian, LSM maupun kolumnis di surat kabar.

 

Satu-satunya perguruan tinggi negeri yang membuka jurusan Kriminologi hanya UI, bahkan konon satu-satunya di Asia Tenggara.

 

 

3. Arkeologi

Arkeologi berasal dari bahasa Yunani, arceho yang berarti kuno dan logos yagn berarti ilmu, sehingga arkeologi adalah ilmu yang mempelajari segala benda-benda peninggalan masa lampau. Atau bisa juga disebut sebagai ilmu sejarah kebudayaan material.
Saat ini Arkeologi terdiri dari berbagai ilmu yang terkait, misalnya saja penemuan jenazah yang dikubur bisa saja menarik perhatian ilmuwan dari berbagai bidang untuk mengkaji pakaian, jenis bahan pakaian, atau bahkan bagaimana ia meninggal, bentuk keramik, kepercayaan yang dianut si jenazah melalui apa saja yang dikebumikan bersama jenazah tersebut (misal saja mummi di Mesir). Bersama pakar kimia, mereka bisa menentukan usia galian melalui berbagai metoda misalnya saja metoda pengukuran karbon 14. Sedangkan pakar genetik yang ingin mengetahui pergerakan perpindahan manusia purba, dapat meneliti DNA-nya sehingga bisa diperkirakan rantai perubahan evolusi. Singkatnya, arkeologi saling menunjang dengan disiplin ilmu lainnya.
Jadi, secara garis besar, ilmu arkeologi ini mempelajari kebudayaan manusia lewat peninggalan-peninggalan yang ada dengan menggunakaan metode-metode tertentu untuk mengukur atau menilai umur dari benda atau artifak yang ditemukan. Saat ini ilmu ini kebanyakan dapat dipelajari di universitas-universitas di fakultas bidang sosial. Meski di Indonesia tak banyak terdengar, namun profesi ini bukannya tidak menjanjikan.

 

Sesuai dengan nama jurusannya, mayoritas lulusan mencari pekerjaan sebagai seorang Arkeologis. Akan tetapi seandainya semua tidak berjalan sesuai harapan Anda, Janganlah khawatir. Masih banyak bidang lainnya yang akan menerima Anda untuk bekerja. Banyak juga para lulusan yang memanfaatkan pengetahuan sejarah dan kemampuan analisis mereka untuk bekerja dalam perusahaan akademis seperti museum, sebagai Kurator atau Arsiparis.

 

Keahlian mengolah data yang dipelajari semasa kuliah juga memungkinkan para lulusan Jurusan Arkeologi bekerja di bidang pengumpulan data, analisis sumber dan penulisan laporan. Gelar Sarjana yang diperoleh dari Jurusan Arkeologi memungkinkan Anda untuk memperoleh keterampilan yang dapat dialihkan ke sektor lain seperti Keuangan, Jurnalistik dan Konservasi.

 

Perguruan Tinggi Negeri yang membuka jurusan Arkeologi adalah UI, UGM dan Univ. Udayana

 

 

4. Ilmu Administrasi Fiskal

Jurusan / prodi ini mempelajari implementasi teori dan konsep-konsep administrasi perpajakan serta operasionalisasi peraturan perpajakan. Lulusannya diharapkan mampu mengelola masalah perpajakan di lingkungan tempatnya bekerja.

 

Lulusan Ilmu Administrasi Fiskal dibutuhkan di kantor-kantor pelayanan pajak, perusahaan swasta baik swasta nasional maupun asing, menjadi konsultas perpajakan, staf pengajar, kantor-kantor di jajaran kementerian keuangan dll.

 

Perguruan Tinggi Negeri yang membuka prodi Ilmu Administrasi Fiskal saat ini hanya UI.

 

 

 

   

 








 


LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NEUTRON YOGYAKARTA © 2018
Jl. Taman Siswa Gg. Trustha Jumena Yogyakarta. Telp : (0274) 450300, (0274) 418934 Fax : (0274) 450999
Best Viewed with Chrome   
reDesign by  IT Team